公用欄目


Join the forum, it's quick and easy

公用欄目

張慶茂:《印尼共產黨為什麼會失敗?》(代貼)

2 posters

向下

張慶茂:《印尼共產黨為什麼會失敗?》(代貼) Empty 張慶茂:《印尼共產黨為什麼會失敗?》(代貼)

發表  ymchen 15.01.15 11:05


【代貼】

MENGAPA PKI KALAH?
(印尼共產黨為什麼會失敗?)

Penulis : Thio Keng Bou (張慶茂)


【YMC 按:張慶茂1938年出生於印尼雅加達一個華人家庭,小學就讀於雅加達一間華語學校“新華學校”,中學就讀於另一間華語學校“巴城中學”,高二輟學,在家自學了一年半後,轉讀印尼語學校“SMA KRIS”完成高中最後一年課程。高中畢業後到萬隆“天主教大學”(“UNPAR”)法律系深造(1958-1962)。大學畢業後,又在“印尼人民藝術大學” (“UNSERA”)繼續攻讀鋼琴專業(1962-1965)。

張慶茂性格外向,多才多藝,能歌善舞,在中學時代就經常參加課外活動,後來加入印尼華裔群眾組織“印尼國籍協商會”(“BAPERKI”),並積極參與該會屬下青年會“PPI”的組織領導工作。

1965.09.27. “印尼青年陣線中央代表團”出發到中國訪問, 張慶茂作為“PPI”的代表隨團同行。不料幾天後,印尼發生“9.30事件”(“G30S”),印尼政局發生劇變,他被迫滯留中國,不得不向中國政府申請政治避難。當時正在中國訪問的印尼共產黨高級代表團(團長是該黨第六號人物 Joesoef Adjitorop ),也同樣淪為政治難民。

中共對在中國的“政治難民”,給予無微不至的關懷照顧和熱情接待。當時中國大陸還沒有從“大躍進、人民公社、大煉鋼鐵運動”引發的嚴重的大饑荒(1959-1962)完全恢復過來,普通的中國老百姓仍然要勒緊褲腰帶過日子,糧油副食品棉布等,都要憑配給票卷供應,人民還沒有根本擺脫忍饑挨餓、缺吃少穿的困境。但“政治難民”不僅衣食無憂,中共還經常組織他們去遊山玩水,住高級酒店,享受豪華招待;“文革”暴發後,則安排他們到學校工廠參觀訪問,讓他們體騐“文革”激動人心的革命氣氛,鼓勵他們學習“文革”革命造反精神。1970年,中共讓他們到江西省一個“五七幹校”,一邊勞動,一邊學習“毛澤東思想”和“馬列主義”革命理論。中共要把他們培養成為毛澤東的忠實信徒和馴服工具,成為實現“世界共產主義革命”的骨幹,期望借助他們的力量,把毛澤東推上“國際共運領袖”的寶座,使毛澤東成為“世界革命人民心中最紅最紅的紅太陽”。

但是,善於獨立思考而又有良知的不少“政治難民”,是絕不會心甘情願成為毛澤東和中共輸出革命稱霸世界的“馴服工具”的。在他們充分瞭解事實真相,識破中共和印(尼)共的狂妄圖謀後,許多人最終都與他們劃清界線,分道揚鑣。

張慶茂在中國度過了12年歲月,1977年他決定移居香港。在“自由的香港”,他利用業餘時間寫了不少文章,回憶他在中國的傳奇經歷,描述他所瞭解的中共和印(尼)共的真實歷史,以及毛澤東和艾地的真面目,受到讀者熱烈歡迎和正面評價。

這篇《印尼共產黨為什麼會失敗?》(以下簡稱《為什麼?》)是張慶茂數十年細心觀察分析、努力學習研究的結晶。內容豐富、分析透徹、觀點顯明,是研究印尼現代史和印尼共產黨歷史很有價值的參考資料。文中還散發出一位“印尼華裔”對養育他成長的“印尼祖國”的深情厚意,因此,《為什麼?》也是研究和撰寫印尼華僑華人歷史不可多得的參考資料。

這篇佳作是張慶茂2008年的作品,讀者對象是原印(尼)共黨員和印尼左翼群眾,因此,他以印尼文書寫。《巴中網站》的網友有些不諳印尼文;有些人過去會,但長期不用,如今已感生疏,讀印尼文作品相當吃力;但也有一些網友,中印(尼)兩語水平都很高,因此希望這部分網友,能抽點時間協助將《為什麼?》翻譯成中文,以便更多網友可以分享這篇佳作的精彩內容。

張慶茂是利用業餘時間完成這篇佳作的,實在令人欽佩。他的正職是鋼琴師、作曲家。關於他在事業上的成就,詳見附件:《Riwayat Hidup Singkat Pianis/Komponis Thio Keng Bouw》(《鋼琴師/作曲家張慶茂的簡歷》)。】








MENGAPA PKI KALAH?

SEBUAH ANALISA OLEH THIO KENG BOU


Mari kita mulai dari proses kelahiran PKI 1920 sampai kehancuran PKI pada 1965-1968. dari G30S sampai Pemberontakan Blitar Selatan, dan Kalimantan Barat..

PKI dilahirkan oleh seorang bidan Belanda yang bernama Sneevliet yang diutus oleh Internasionale ke-3,yang dipimpin oleh Lenin ke Indonesia kemudian ke Tiongkok, untuk mendirikan  PKI dan PKT agar menjadi tenaga pembantu Uni Sovyet, untuk memperlemah kekuatan imperialis yang mengepung Uni Sovyet ketika itu.

Jadi bukan dilahirkan oleh kebutuhan Indonesia seperti PNI dan partai2 nasionalis lainnya.  Faktor kelahirannya inilah yang sudah menjawab, mengapa PKI akhirnya sulit mendapat dukungan mayoritas rakyat Indonesia dan akhirnya lenyap dari permukaan bumi Indonesia untuk se-lama2nya. .

Tahun 1926 PKI berontak tanpa persiapan apa2, bersifat spontanitet se-mata2, terdorong oleh semangat yang ber-kobar2 anti kolonialisme Belanda. Semangat juang dari para pemberontak ini memang harus dibanggakan dan diberi penghormatan, serta dicatat dalam sejarah Indonesia moden

Antara 1926 s/d 1945, PKI praktis bergerak dibawah tanah,  baru muncul kembali setelah Proklamasi Kemerdekan Indonesia pada 1945. Munculnya kembali PKI tidak otomatis membikin PKI menjadi Partai yang dewasa. Dalam artian bisa secara ilmiah menyimpulkan kesalahan2nya yang lampau, mampu melepaskan diri dari ikatan Internasionale ke-3 yang ketika itu sudah dipimpin oleh Stalin di Uni Sovyet.

Tahun 1948, terjadi Peristiwa Madiun yang oleh organ resmi PKI dikatakan sebagai Provokasi Madiun, dalam  peristiwa ini, telah gugur belasan pimpinan utama PKI diantaranya Musso dan Amir.

Peristiwa Madiun merupakan suatu bukti kongkrit bahwa PKI masih sangat lemah dalam politik,  organisasi, terutama memahami inti pokok dari Marxisme  Musso diutus oleh Stalin untuk mengambil alih pimpinan PKI dan menempuh JALAN BARU yang belum sempat dilaksanakan sudah kebentur tembok, digilas oleh Pemerintah Sukarno-Hatta,  dan ikut main juga  kekuatan Amerika Serikat yang di seluruh dunia sedang merebut wilayah pengaruh dengan Uni Sovyet.

Sebetulnya apa yang dinamakan JALAN BARU itu masih merupakan JALAN LAMA yang terlepas dari analisa kongkrit atas situasi kongkrit masyarakat Indonesia, masih merupakan garis politik yang dicetak di luar negeri dan direstui oleh Stalin. Yang namanya JALAN BARU sebetulnya adalah JALAN Lenisme dan Stalinisme….. adalah bagian dari revolusi proletar yang akan membikin Indonesia menjadi Negara satelit dari Uni Sovyet.

Setelah 1951, Indonesia sudah berada dalam situasi kongkrit yang berbeda dgn 1945-1950, sudah tidak ada situasi revolusioner lagi, sudah tidak perlu menyelesaikan Revolusi Agustus sampai ke-akar2nya, sudah tidak membutuhkan partai revolusioner yang bertujuan merebut kekuasaan negara.

Indonesia sudah merdeka, sudah mendirikan pemerintahannya sendiri, kolonialisme sudah tamat riwayatnya kecuali di Irian Barat. Yang dibutuhkan oleh Indonesia adalah pembangunan ekonomi untuk meningkatkan taraf hidup rakyatnya.

Setelah Perang Dunia ke-2 berakhir, 2 negara super power AS-Uni Sovyet,  terus menerus memperluas pengaruh kekuatannya di seluruh peloksok dunia, melakukan kup-kounter kup di berbagai negeri. Yang akhirnya melahirkan dua kubuh raksasa, Kubuh Sosialis dan Kubuh Kapitalis Barat.  
 
Tahun 1951, dibawah pimpinan Aidit-Lukman-Nyoto PKI bangkit kembali.

Ciri utama dari Aidit dkk ini adalah “pengetahuan teori”  MLnya yang sangat menonjol ketika itu,  berhasil membikin kader2 PKI yang masih hidup merasa mereka,  Aidit dkk adalah juru selamat yang lihay teori MLnya yang dapat membawa PKI dari satu kemenangan ke arah kemenangan lainnya.  Aidit sendiri  sebetulnya masih meneruskan JALAN BARU yang dikira gagal karena belum sempat dilaksanakan oleh Musso dkk, jadi sebetulnya masih menjalankan garis politik yang dicetak di Moskow dan Peking. Inilah sumber dari dogmatisme Aidit dkk, yang merasa Moskow dan Peking  lebih paham soal2 Indonesia ketimbang orang2 yang berjuang di Indonesia itu sendiri. Pada 1953, Aidit menulis sebuah artikel yang berjudul 《Jalan Mao Tjetung adalah jalan revolusi Indonesia》, 【YMC 註】 inilah yang kemudian menjadi dasar teori Aidit yang melahirkan MIRI(Masyarakat Indonesia dan Revolusi Indonesia) dan MANIPOL(Manifesto Politik). Di sini, Aidit dkk mulai melepaskan diri dari garis Moskow, mulai berkiblat ke garis Peking, karena melihat lebih banyak persamaan antara Indonesia dgn Tiongkok, ketimbang Indonesia dengan Russia. Ada kemajuan, namun, tetap belum samasekali melepaskan kesalahan fatal dogmatisme yang menjiplak pengalaman negeri lain.


【YMC 註:有底線部分為作者所作的修正/補充。--2015.01.16.】


【未完待續】












ymchen

文章數 : 667
注冊日期 : 2012-11-08

回頂端 向下

張慶茂:《印尼共產黨為什麼會失敗?》(代貼) Empty 回復: 張慶茂:《印尼共產黨為什麼會失敗?》(代貼)

發表  ymchen 18.01.15 9:44




【續一】


APA JALAN MAO TJETUNG ITU ?

Secara ringkas, yang disebut jalan Mau Tjetung adalah jalan REVOLUSI AGRARIA DARI DESA KEPUNG KOTA.

Adalah jalan revolusi bersenjata dibawah pimpinan Partai Komunis, yang mengibarkan tinggi2 TRIPANJI Partai, yakni adanya satu partai yang dibimbing oleh Marxisme Leninisme yang berdisiplin baja, yang memiliki kekuatan bersenjata yang akan menghancurkan semua lawan2nya, yang memiliki front persatuan yang luas dibawah pimpinan proletariat (baca : pimpinan PKI)

Jalan Mao Tjetung ini sudah dipersiapkan sejak Aidit memegang tapuk pimpinan PKI pada 1951, diperkuat dengan tulisan DN Aidit pada 1953, dan disistimatiskan dalam artikel 《Masyarakat Indonesia dan Revolusi Indonesia》.

Karena situasi Indonesia ketika itu masih memungkinkan ikut pemilu,  maka PKI telah mengeluarkan teori MKTBPnya sebagai tabir asap untuk mempersiapkan revolusi agrarianya, jika situasi sudah matang.

Dalam MKTBP. telah dirumuskan perlunya bekerja dalam angkatan bersenjata musuh, membina perwira2 dan prajurit2 progresif agar simpati kepada PKI, dan terakhir menarik mereka menjadi anggota PKI, membentuk fraksi PKI dalam ABRI, untuk digunakan ketika revolusi agraria itu benar2 meletus. Pekerjaan rahasia ini dipimpin langsung oleh DN Aidit dengan biro khususnya yang terkenal itu.
Dibawah DN Aidit adalah Syam Kamaruzaman yang sudah mengaku bahwa dalang G30S adalah birokhusus PKI, oleh Mahmilub telah dijatuhi hukuman mati.

Dalam periode relatif damai antara 1951-1965, PKI berkembang menjadi Partai terbesar di Indonesia, dan terbesar di luar Kubuh Sosialis Uni Sovyet dan RRT. Sukses besar yang dicapai oleh PKI dibawah pimpinan DNA ini membikin PKI menjadi puas diri, sombong, dan  dianggapnya garis politiknya sudah tepat, sudah tak perlu diragukan lagi, sudah sesuai dengan Marxisme-Leninisme yang diterapkan dengan kondisi kongkrit Indonesia.

Hal ini menunjukkan bahwa  PKI belum bisa melepaskan tali temali dengan GKI (Gerakan Komunis Internasional), belum bisa mengubah dirinya menjadi Partai Komunis nasionalis yang berakar di bumi persada Indonesia.

Demi mempertahankan apa yang mereka namakan memegang teguh prinsip2 fundamentil Marxisme-Leninisme, PKI mengibarkan tinggi2 panji anti revisionisme klasik (Bernstein dan Kautsky) maupun revisionisme modern (Krushyev)

Disinilah terletak titik kematian PKI, yang secara dogmatis. menjiplak mentah2 doktrin Lenin-Stalin dan Mao Tjetung, dipaksakan menjadi pedoman tertinggi untuk membimbing apa yang dinamakan Revolusi Nasional Demokratis Indonesia.


Mengapa PKI anti revisionisme?

PKI anti revisionisme, karena revisionisme dianggap mengkhianati proletariat, karena revisionisme mau menempuh jalan damai dan jalan parlementer,  karena revisionisme menentang jalan kekerasan bersenjata yg sedang secara diam2 dipersiapkan oleh PKI.

Kesalahan dogmatis yang paling menonjol adalah menjadikan Teori revolusi Mao Tjetung: 《MASYARAKAT TIONGKOK DAN REVOLUSI TIONGKOK》 sebagai teori revolusi Indonesia: 《MASYARAKAT INDONESIA DAN REVOLUSI INDONESIA》.

Yang lebih celaka, secara lihay, PKI berhasil menjadikan MIRI ini menjadi MANIPOL USDEK yang diterima oleh sidang MPRS menjadi GARIS BESAR HALUAN NEGARA INDONESIA.

Jadi Indonesia sudah menjadikan Fikiran Mao Tjetung sebagai pedoman tertingginya dalam bertindak. Manipol Usdek sebetulnya adalah Fikiran Mao Tjetung yang diterapkan dengan “kondisi kongkrit” (dalam tanda teng teng) masyarakat Indonesia.

Dibawah bimbingan GBHN Manipol Usdek, Indonesia bergeser semakin ke kiri, semakin dekat dengan kubuh Sosialis, semakin anti Amerika Serikat yang menjadi kepala dari kubuh Kapitalis. Semakin meninggalkan politikluarnegeri yang bebas dan aktif, semakin meninggalkan politik Non Bloknya.

Ada ungkapan populer ketika itu, POLITIK KE KIRI PERUT KE KANAN.
Artinya Politik Indonesia semakin bergeser ke kiri, perut rakyat semakin lapar.

Perekonomian Indonesia semakin amburadul. Karena GBHN yang menjiplak pengalaman Tiongkok. Yang di Tiongkoknya sendiripun akhirnya terbongkar setelah Teng Siao Ping berkuasa pada 1979. Bahwa politik berdikari se-mata2, politik anti imperialis se-mata2,  adalah politik ultra kiri yang membikin Ekonomi Negara menjadi merosot dan hancur.

Berdikari dalam ekonomi tidak boleh dipertentangkan dgn anti penanaman modal asing. Terhadap imperialisme harus dilakukan politik BERSATU DAN BERJUANG, dengan prinsip adil, menguntungkan dan tahu batas.

Maka itu, RRT sangat kegirangan sekali, memiliki sekutu yang kuat yang setia kepada FMTT (Fikiran Mao Tje Tung). Sampai2 Aidit diangkat menjadi anggota kehormatan Academi Sinica, atas jasanya yang besar yang katanya secara kreatif meng-Indonesiakan Marxisme Leninisme. Sebetulnya telah meng-Indonesiakan Fikiran Mao Tjetung.

In satu bukti yang tidak terbantahkan, bahwa PKI memang mempersiapkan jalan kekerasan bersenjata kayak Mao Tje Tung untuk mencapai kekuasaannya secara menyeluruh di bumi Indonesia.

Sebaliknya Blok USA menjadi ketakutan melihat Indonesia dari tahun ke tahun merapatkan dirinya ke blok Sosialis, khususnya kepada RRT.

Semua politik2 nasional Indonesia pada 1959-1965 ditetapkan dengan berpedoman kepada Manipol Usdek yang menjiplak teori Mao pada 1937-1945.  Mao menjadikan Jepang sebagai musuh utama, Indonesiapun ikut2an menjadikan imperialis AS sebagai musuh utama.  Melakukan serentetan politik ultra kiri yang terlepas dari kepentingan fundamentil bangsa Indonesia, secara sukarela meninggalkan politik non Blok, menyeret Indonesia kedalam Blok Sosialis, dengan membikin Ganefo, merencanakan Conefo, mengusir Peace Corps USA, melarang film USA, mendirikan poros Pyongyang-Peking-Hanoi-Pnompehn-Jakarta yang anti USA. Keluar dari PBB, keluar dari Olympiade dlsb yang disambut dengan gembira oleh RRT, tapi dirasakan sangat menyedihkan oleh mayoritas rakyat Indonesia yang cinta damai, dan mau bersikap netral dan pertarungan antara 2 negara super power USA versus Uni Sovyet.

Politik konfrontasi dgn negara tetangga Malaysia, juga lahir dari Manipol yang anti imperialis, karena Malaysia dianggap sebagai antek Nekolim (Neo Kolonialisme dan Imperialisme)

Politik2 ultra kiri dari Indonesia pada awal tahun 60-an bersumber dari dogmatisme yang ditrapkan oleh Aidit , mengira sukses yang dicapai oleh Mao Tjetung dalam merebut kekuasaan politik di Tiongkok, bisa dilaksanakan juga di Indonesia.

Pada 1962, PKI telah melakukan riset ilmiah ke pedesaan Indonesia, dgn bimbingan teori Mao Tjetung 《Laporan Gerakan Tani di Hunan》 yg ditulis pada 1926.

Di Tiongkok, Mao Tjetung adalah biangkeladi yang merusak front persatuan dgn KMT, yang pada 1926-1927sedang hebat2nya melakukan  perang ekspedisi ke Utara untuk membasmi raja perang di Peking.  Mao Tjetung menggerakan kaum tani di Hunan untuk mengganyang tuan tanah, sehingga tuan tanah yg banyak wakil2nya dalam Kuo Min Tang menjadi marah dan menganggap Mao Tjetung menikam mereka dari belakang. Ini latar belakang Peristiwa 12 April 1927 di Shanghai, dimana akhirnya Chiang Kai Sek melakukan pembersihan thd anggota2 PKT, dan menjatuhkan hukuman mati kepada anggota2 PKT yang sedang siap2 merebut pimpinan revolusi nasional Tiongkok.

PKI meniru pengalaman Tiongkok ini, pada tahun2 1963 s/d 1965, para anggota dan kader2nya diwajibkan mempelajari 《Laporan Gerakan Tani di Hunan》 sebagai teori pembimbing PKI untuk melakukan aksi sefihak di pedesaan, sebagai ide pembimbing buat PKI melaksanakan semboyan ganyang 7 setan desa, yang akhirnya jadi boomerang yang mengubur PKI.

Pada tahun 1965, PKI unjuk gigi, pamer kekuatan dalam pesta ULTAH ke-45nya, seluruh Indonesia, terutama di Jakarta Raya, Jawa Tengah dan Jawa Timur, berkibar panji2 merah dan palu arit. Orang yang tidak paham politik mengira PKI sudah berkuasa seperti di RRT dan Negara Komunis lainnya.

Surat kabar PKI terus menerus meniupkan seruan: “Tingkatkan situasi revolusioner sampai ke puncaknya: ,”Ganyang 3 setan kota”, “Ganyang 7 setan desa”.

Yang dimaksud dengan setan kota dan setan desa adalah menjiplak pengalaman Mao Tjetung , yang mengatakan harus membasmi 3 bukit setan (Tuan Tanah, Kabir dan Komprador.) Karena 3 Gunung Setan ini katanya telah membikin Tiongkok menjadi miskin dan sengsara, membikin Tiongkok menjadi sapi perahan imperialisme.

Indonesia menjadi terpecahbelah menjadi dua kubuh Komunis dan anti Komunis, karena semua yang tidak pro Komunis didorong masuk kedalam barisan setan kota dan setan desa

Kontradiksi antara  yang merasa cuma dirinya saja manusia dengan yang diberi cap 10 setan menjadi menajam, inilah akar permasalahannya pertentangan yang  sangat meruncing antara PKI dengan AD. Yang membikin AD merasa PKI harus dilenyapkan dari Indonesia.

Semua politik2 PKI ini tidak bertolak dari kenyataan konkrit  masyarakat Indonesia,  PKI menciptakan musuh2nya sendiri tanpa analisa konkrit atas situasi konkrit.  PKI memaksakan kaum buruh dan kaum tani serta ormas revolusioner kiri melancarkan offensif revolusioner kepada yang disebut setan2 itu. Inilah akibat dari DOGMATISME secara teori yang diwujudkan kedalam politik praktis yang ultra kiri. Mengapa saya katakan ultra kiri, sebab PKI cuma dibibirnya doang meneriakkan NASAKOM BERSATU, dalam prakteknya merusak persatuan Nasakom itu sendiri, sebab dalam Nasakom terdapat sejumlah besar (mayoritas) 10 setan yang mau diganyang itu. Ingin buru2 menang, memaksakan idenya kepada orang lain.

Sengaja atau tidak disengaja PKI telah menjadikan sahabat sebagai musuh, ini adalah politik avonturisme yang terbukti telah membikin tamat riwayat PKI itu sendiri. Orang2 yang ikut melakukan pembunuhan sadis pada 1965-1966, semuanya adalah bekas sahabat2 PKI yang termasuk Kaum Nasionalis dan Kaum Agama yang perlu dipersatukan itu, yang oleh PKI dicap sebagai 10 setan kota/desa.

Ada yang mengatakan bahwa G30S dicetuskan oleh Biro Khusus PKI yang diketuai oleh Aidit sendiri. Biro khusus adalah biro yang sangat tinggi konspirasinya, dari jajaran tinggi PKI cuma Aidit saja yang mengetahuinya, Aidit bertanggung jawab kepada PB CCPKI. Ini juga merupakan wujud dogmatisme menjiplak pengalaman Partai Sekawan.

Biro Khusus ini bukan ciptaan Aidit, melainkan menjiplak pengalaman Lenin dan Mao Tjetung, yang juga memiliki biro khusus, yang menanam kader2 kepercayaannya di Angkatan Bersenjata Tsar Rusia dan Kuo Min Tang.

Biro khusus PKI,  yang mencetuskan G30S, samasekali tidak dimengerti oleh mayoritas kader2 dan anggota PKI itu sendiri, yang sebelumnya sudah diberi info atau instruksi, bahwa PKI tidak akan mukul duluan, tetapi jika dipukul (pada 5 Oktober 1965), PKI akan bangkit berlawan. Bagaimana berlawannya juga tidak diketahui oleh para kader apalagi oleh 20 juta pengikut PKI itu, maka semuanya jadi penonton suatu drama yang dikira masalah intern AD. , tidak tahu apa yang mesti diperbuat setelah G30S, satu2nya jalan cuma menunggu “penyelesaian politik”: Sukarno yang tak kunjung tiba, akhirnya satu  persatu diciduk dan masuk kerangkeng besi selama ber- tahun2,  serta mengalami segala penyiksaan biadab dari setan2 desa dan setan2 kota, ratusan ribu atau konon kabarnya 3 juta yang dibantai secara biadab oleh 10 setan desa/kota itu.

Semua kader dan anggota PKI menjadi kebingungan melihat kenyataan, PKI telah mukul duluan, dan PB CC PKI mengeluarkan statement ttg 2 Oktober 1965,  yang  isinya mendukung (bukan mengutuk!) G30S.

G30S adalah puncak politik ultra kiri dari PKI, membantai 7 perwira tinggi AD, memberi alasan kuat kepada lawan2 politiknya untuk membasmi PKI.

Bung Karno menentang G30S, sebab G30S membantai perwira tinggi kesayangannya, sebab G30S mengangkat dirinya menjadi penguasa baru di Indonesia, yang berarti menggulingkan kekuasaan beliau.

G30S hakekatnya adalah gerakan kontra revolusi yang berjubah revolusi.

Setelah G30S meletus, karena Bung Karno menentang G30S dan memerintahkan gencatan senjata, Aidit cs menjadi kebingungan dan lari ngiprit ke Jawa Tengah (basis PKI ketika itu), Politbiro CC PKI mengeluarkan instruksi agar semua anggotanya jangan terprovokasi, menunggu penyelesaian politik dari Bung Karno. Inilah yang menjadi penyebab banyak anggota dan simpatisan PKI yang tanpa perlawanan apa2 ditangkap dan dibunuh oleh lawan2nya.

Setelah PKI dihantam habis2an. Sisa2 pimpinannya berkumpul dan membikin apa yang dinamakan KOK, Kritik Oto Kritik, kemudian lebih dikenal dengan nama  OKPB (Oto Kritik Polit Biro CC PKI 1966). Dokumen bersejarah ini, bukan saja tidak mampu menyelamatkan PKI dari kehancuran total, melainkan membikin PKI semakin cepat  tamat riwayatnya untuk se-lama2nya di bumi Indonesia. sebab mereka telah menjadikan Fikiran Mao Tjetung (sayap ultra kiri dari Marxisme Leninisme) menjadi puncak tertinggi Marxisme-Leninisme, mereka meniru pemberontakan tani Hunan yg dipimpin oleh Mao Tjetung, menjiplak teori perang agraria dari desa kepung kota Mao Tjetung, melakukan pemberontakan Blitar Selatan dan Kalimantan Barat. Yang merupakan kelanjutan avonturisme kiri dari sisa2 PKI yang masih ada. Mereka cuma melihat kemiripan situasi Tiongkok pada 1927, dengan situasi Indonesia pada 1965, tidak melihat perbedaannya yang hakiki.



【未完待續】













ymchen

文章數 : 667
注冊日期 : 2012-11-08

回頂端 向下

張慶茂:《印尼共產黨為什麼會失敗?》(代貼) Empty 回復: 張慶茂:《印尼共產黨為什麼會失敗?》(代貼)

發表  ymchen 21.01.15 10:56






【續二】


Apa perbedaannya yang hakiki?

1) 1927, Sun Yat Sen sudah meninggal dunia, jadi tak ada faktor Bapak Negara yang gandrung front persatuan.

2) 1965, Sukarno masih hidup, ini yang membikin PKI berilusi bapak Negara masih bisa mengatasi situasi, melakukan penyelesaian politik, mendamaikan meskipun untuk sementara, konflik terbuka antara PKI dengan AD.

3) Penghisapan tuan tanah feodal Tiongkok terkenal sangat kejam, jadi mudah membangkitkan kaum tani untuk berontak, karena sudah berada di jurang kelaparan dan kematian.Jika tidak berontak akan mati kelaparan, jika berontak masih ada harapan untuk hidup.

4) Penghisapan tuan tanah feodal Indonesia relatif tidak sekejam di Tiongkok, kemudian tanah Indonesia lebih subur ketimbang di Tiongkok, jadi sangat sulit membangkitkan kaum tani untuk berontak melawan tuan tanah. Kaum tani Indonesia tidak menghadapi bahaya mati kelaparan dan mati kedinginan seperti di Tiongkok.

5) Yang sangat kurang dipelajari adalah: PKT sendiri, jika tidak ada agresi Jepang ke Tiongkok, pada 1936 sudah dimusnahkan oleh KMTnya Chiang Kai Shek, Mao Tjetung berterima kasih kepada Tentara agresor Jepang, ini diucapkan secara terbuka dalam pertemuan antara Mao dgn tamu2 Jepang setelah RRT berdiri.

6) Jadi, andaikata PKI pada awal Oktober 1965 melakukan perlawanan kepada Angkatan Darat, tetap akhirnya pasti dikalahkan, karena  Indonesia tidak ada agresi militer imperialis kaya di Tiongkok pada 1931. PKI tidak mungkin memobilisasi rakyat Indonesia untuk mengusir AD dari Indonesia, karena AD bukan tentara agresor.

3 juta yang dibantai secara biadab, 20 juta yg hidup sebagai warganegara kelas kambing, adalah akibat kesalahan dogmatis dari pimpinan PKI, yang main2 dgn api revolusi, yang akhirnya bukan saja membakar dirinya sendiri, juga membakar para anggota dan simpatisannya sendiri.

PKI ibarat sebuah bis umum yang penuh sesak dengan penumpangnya, dikemudikan oleh supir yang main seradak seruduk tanpa mengindahkan peraturan lalu lintas, menganggap semakin kiri semakin revolusioner dan semakin cepat mencapai kota tujuannya, ketika melintasi pegunungan yang penuh dengan JURANG supirnya terus meningkatkan kecepatannya, dan bisnya terus bergeser ke kiri, ke kiri,……Sudah barang tentu bis ini akhirnya nyemplung ke jurang, baik supir maupun penumpangnya mati semua.  Inilah perumpamaan yang cocok untuk PKI yang dipimpin oleh Aidit, yang melakukan politik avonturisme ultra kiri, menjadikan Amerika Serikat sebagai musuh utama, menjadikan kontradiksi antara rakyat Indonesia dengan Amerika menjadi kontradiksi pokok, sebagai tugas nomer satu untuk diselesaikan, namun dia cuma mulutnya saja ingin bersatu dengan seluruh kekuatan nasional, dalam prakteknya menjegal Nasakom, melontarkan gagasan Ganyang 3 setan kota dan ganyang 7 setan desa, melontarkan semboyan mempersatukan seluruh kekuatan nasional yang revolusioner untuk melawan musuh yang  ditakuti oleh Uni Sovyet. Pada hakekatnya menjadikan PKI dan Indonesia menjadi umpan peluru Uni Sovyet melawan USA.

Apa arti dari kekuatan yang revolusioner?  Kekuatan revolusioner selamanya merupakan m i n o r i t a s dari seluruh penduduk di negara manapun di dunia!

Mempersatukan seluruh kekuatan revolusioner berarti mempersatukan minoritas!!! Baca sekali lagi!!! Berarti  MEMPERSATUKAN SEGELINTIR RAKYAT INDONESIA. sebab mayoritas rakyat Indonesia bersifat alon alon asal kelakon, mayoritas rakyat Indonesia tidak membutuhkan revolusi, melainkan membutuhkan nasi.  Setelah 1951 yang belum selesai bukannya Revolusi Agustus 45, melainkan pembangunan nasional untuk meningkatkan sandang pangan !!!!!!!

Itulah sebabnya PKI dengan cepat bisa dibasmi oleh kekuatan kanan yang mendapat bantuan dari CIA.  Sebab PKI sebenarnya sudah terisolasi dari mayoritas rakyat Indonesia, mayoritas rakyat Indonesia semuanya menjadi penonton dalam pembunuhan sadis pada 1965-1966, hal ini berbeda sekali dengan 1926 dan 1948, dimana PKI sekalipun sudah dipukul, masih ada kesempatan bangkit lagi.  Setelah 1968, seluruh kekuatan PKI sudah porak poranda, sisa2nya tidak mampu bangkit kembali, rakyat sudah tidak percaya kepada demagogi Komunisme yang cuma mendatangkan kesengsaraan dan kemelaratan, ter-lebih2 setelah hancurnya Uni Sovyet, Eropa Timur dan perubahan politik yang drastis di RRT, sisa2 PKI yang cuma ratusan di RRT (menerima suaka politik setelah G30S) juga akhirnya membubarkan dirinya, PKT tidak mungkin mengakui eksistensinya sebagai Partai Sekawan lagi, karena RRT mau memulihkan hubungan diplomatik dengan Indonesia.  Itulah nasib sebuah Partai yang tidak berakar di bumi kelahirannya sendiri, yang menjadikan teori revolusioner Russia dan Tiongkok menjadi teori Partainya untuk membikin garis politiknya, garis politik yang terlepas dari situasi kongkrit masyarakat Indonesia. Apalagi kini terbukti, bukan saja untuk Indonesia, juga untuk yang dinamakan blok Sosialis yang dikepalai oleh Uni Sovyet, apa yang dinamakan Marxisme-Leninisme akhirnya menjadi pembunuh pemerintah di sana. Rakyat Uni Sovyet dan Eropa Timur, rakyat Tiongkok kian lapar dan melarat, baru mengalami perubahan nasib, setelah Marxisme-Leninisme DIREVISI SECARA BESAR2AN.


Ditulis oleh : Thio Keng Bouw, Hongkong 19 April 2008.
Diperbaiki pada 14 Mei 2008.

Jika anda berbeda pendapat dgn saya, silahkan tulis perbedaannya, langsung kepada alamat : qingmaozhang@ymail.com  Terimakasih.



【未完待續】













ymchen

文章數 : 667
注冊日期 : 2012-11-08

回頂端 向下

張慶茂:《印尼共產黨為什麼會失敗?》(代貼) Empty 回復: 張慶茂:《印尼共產黨為什麼會失敗?》(代貼)

發表  ymchen 23.01.15 8:38




【續三】


TAMBAHAN:

Apakah semua revolusi adalah progresif?

Pada abad ke-20, ada sementara orang yang merasa bangga jika disebut kaum revolusioner, apalagi bisa terjun ke dalam pekerjaan revolusi itu sendiri. Sebab merasa dirinya adalah tergolong orang progresif, orang yang maju, yang tidak mementingkan diri sendiri, bersedia mengorban jiwanya untuk kepentingan revolusi, kepentingan orang miskin. Kepentingan nusa dan bangsa.

Namun setelah revolusi mengalami kegagalan, telah menelan korban rakyat tak berdosa ber-juta2 jumlahnya, membikin banyak yang berfikir, kenapa bisa begitu?  Apakah karena ada kesalahan strategi dan taktik dari partai revolusioner, atau karena apa?

Menurut saya, dalam abad ke19, 20 dan 21,  semua revolusi yang bertujuan  menghancurkan feodalisme dan membangun kapitalisme adalah progresif.

Ambil contoh Revolusi 1911 yang dipimpin oleh Dr Sun Yat Sen,  Revolusi Agustus 1945 yg dipimpin oleh Soekarno dan Hatta yang bertujuan mengubur kolonialisme Belanda yang menjajah Indonesia, sebab kolonialisme bersatu dgn feodalisme di bumi Indonesia. Jadi revolusi Agustus 45 itu sendiri berwatak revolusi nasional demokratis, bersifat anti kolonialisme dan anti feodalisme.

Namun Revolusi yang digembar-gemborkan oleh PKI, yang menjiplak pengalaman Tiongkok, pengalaman Mao Tjetung, yang tujuan akhirnya mau menghancurkan kapitalisme, mendirikan diktatur proletariat dan negara Sosialis, adalah reaksioner, adalah merevisi ajaran Karl Marx tentang sejarah perkembangan masyarakat.

Dari segi ini, kita dapat menyimpulkan, bahwa PKI cuma dimulutnya saja bilang partai revolusioner, sebetulnya PKI adalah Partai Reaksioner yang mau membangun Sosialisme utopi, yang sebenarnya adalah kapitalisme negara yang dikuasai oleh PKI.

Mao Tjetung telah melakukan kesalahan yang serius pada 1957 membasmi kapitalisme, mendirikan diktatur proletariat.  Akhirnya pada tahun 1976, Tiongkok dibikin amburadul perekonomiannya, rakyat menderita miskin papa. Jika Teng Siao Ping tidak secara drastis mengkoreksi kesalahan Mao Tjetung, menghidupkan kembali kapitalisme di Tiongkok, niscaya PKT sudah masuk museum sejarah.

Jaman sekarang adalah jaman pertumbuhan kapitalisme, siapa yang mau mengubur kapitalisme berarti bunuh diri, berarti reaksioner, berarti menghancurkan ekonomi negaranya sendiri. Kapitalisme adalah mewakili hubungan produksi yang progesif, lebih maju ketimbang feodalisme.  

Sosialisme cuma teori di atas kertas, tidak ada satu negarapun di dunia, yang sudah memenuhi syarat untuk masuk ke masyarakat Sosialisme.

Segi2 negatif dari kapitalisme, penghisapan yang terlalu kejam, harus dilawan, tapi cara melawannya harus dgn jalan damai, jalan parlementer, seperti yang dilakukan oleh parpol sosial demokrat di Eropa Barat, seperti yang sedang dilakukan oleh burjuasi nasional di Tiongkok dewasa ini, yang ramai2 masuk PKT, dan berjuang di dalam PKT itu sendiri.

Kapitalisme nasional di Indonesia masih sangat muda usianya, masih sangat lemah kekuatannya, di luar menderita penghisapan dari kapital monopoli asing, yang melalui globalisasi mengambil laba yg sangat tinggi, di dalam negeri menghadapi kapitalis birokrat dan komprador, yang menguasai perekonomian bangsa Indonesia.  Mayoritas rakyat yg tergolong golongan akar rumput masih hidup di garis kemiskinan, sedang menuntut perbaikan nasib, baru2 ini sedang menuntut turunnya harga BBM, yang dirasakan membikin tambah miskin golongan akar rumput.

Rakyat Indonesia harus berjuang dibawah pimpinan burjuasi nasional, melalui jalan damai, jalan parlementer, dalam jangka waktu panjang setapak demi setapak merebut kemenangan.

Se-kali2 jangan tertipu oleh bualan kaum ektremis yang mau menggunakan jalan revolusi, jalan kekerasan bersenjata untuk menggulingkan pemerintah yang sah, mendirikan kekuasaan rakyat yg dipimpin oleh proletariat segala macem.  Siapa yang tertipu lalu menempuh jalan revolusi, pasti akan menempuh jalan kematian seperti yg dulu ditempuh oleh PKI.  Yang pasti akan melahirkan musibah nasional ke-dua yang menyeret korban nyawa jutaan manusia lagi.

Dewasa ini, siapa yang mencetuskan revolusi di Indonesia berarti mencetuskan PERANG SAUDARA, PERANG SALING BANTAI ANTARA SESAMA BANGSA INDONESIA.

Cuma Burjuasi nasional yang mampu mengalahkan kabir dan komprador dalam perjuangan jalan damai (jalan parlementer) jangka panjang.  Proletariat, miskin kota, petani semuanya tidak mungkin bisa memimpin perjuangan ini.


PROBLIM UNTUK DIDISKUSIKAN:

1. Apakah betul PKI telah menjiplak pengalaman Mao Tjetung, baik secara teori maupun secara praktek?

2. Setelah penyerahan kedaulatan, sejak 1 Januari 1950, Indonesia memasuki periode revolusi belum selesai atau periode memulai pembangunan ekonomi?

3. Mengapa PKI merumuskan bahwa Revolusi Agustus 1945 sudah gagal?

4. Mengapa PKI bisa berkembang menjadi partai yang jumlah  anggotanya terbesar ketiga di luar kubuh Sosialis?

5. Mengapa PKI paling gigih membela Manipol?  Apa hakekat dari Manipol itu? Betulkah Manipol adalah Fikiran Mao Tjetung yang di-Indonesiakan?

6. Apakah politik Indonesia yang keluar dari PBB dan keluar dari Olympiade adalah tepat? Menguntungkan atau merugikan Indonesia?

7. Apa itu Gerakan Nefo dan Gerakan Non Blok ? Di mana persamaan dan perbedaannya?

8. Apakah hakekat dari riset tani yang dilakukan oleh PKI pada 1962?

9. Mengapa PKI paling gigih dalam perjuangan untuk membubarkan Partai Murba,  dimana letak perbedaan yang hakiki antara PKI dengan Murba?

10. Mengapa PKI paling gigi dalam perjuangannya untuk membubarkan Manikebu”

11. . Apakah politik konfrontasi dengan Malaysia itu tepat?

12 Apakah menetapkan kontradiksi pokok dgn imperialis Amerika Serikat adalah tepat?

13. Apakah politik Ganyang 3 setan Kota dan 7 setan desa sesuai dgn Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika?

14. Apakah membentuk poros Jakarta-Pnom Phen-Hanoi-Peking-Pyongyang, yang mempersatukan kekuatan di Asia untuk melawan SEATO dan melawan Amerika Serikat itu menguntungkan Indonesia?

15. Apakah hakekat dari tingkatkan ofensif revolusioner sampai ke puncaknya yang diajukan oleh PKI pada 1965 itu?

16. Sebelum G30S meletus, mengapa diadakan gerakan belajar tulisan Lenin 《Tesis April》 dan 《Negara dan Revolusi》, apakah gerakan ini bertujuan sebagai persiapan ideologi buat para kader PKI untuk membikin kup istana a la revolusi Oktober 1917 di Russia?

17. Dalam abad ke-19, 20 dan 21, apakah suatu revolusi yang bertujuan mengubur kapitalisme itu adalah progresif atau reaksioner?

18. Mengapa PKI yang tadinya memutuskan tidak akan mukul duluan, tiba2 berubah menjadi mukul duluan?

19. Mengapa PKI mendukung G30S? Mengapa Ismail Bakri, sekretaris I PKI CDB Jawa Barat mengutuk G30S, dan yang pertama membubarkan PKI (Cuma di Jawa Barat yg dikuasainya)?

20. Mengapa PKI mengeluarkan statement 2 Oktober 1965 , menyeruhkan agar para anggotanya jangan terprovokasi?


Nah sekian dulu problim2 dari saya, yang jika dibahas dan dijawab secara jujur, maka kita akan berkesimpulan, G30S memang didalangi oleh PKI, bahwa PKI sudah sejak 1951 mempersiapkan publik opini untuk menghalalkan rencana jahatnya menggulingkan pemerintah Indonesia, mendirikan diktatur proletariat di Indonesia seperti di Russia dan Tiongkok. Maka kehancuran PKI sudah merupakan akibat dari kesalahan dogmatisme dan avonturisme dari PKI sendiri.

Siapa yang bersikap TUBIBU (tuli, bisu dan buta) terhadap problim2 itu, berarti belaga pilon terhadap dosa2 PKI, berusaha menutupi dosa2 PKI, berusaha melemparkan tanggungjawab korban 3 juta manusia pada 1965-66 itu ke fihak lawan2 politiknya.



LAMPIRAN

《Riwayat Hidup Singkat Pianis/Komponis Thio Keng Bouw》

Thio Keng Bouw dilahirkan di Jakarta pada tahun 1938.  Sekolah SD di Sekolah Sin Hoa Pasar Baru, Sekolah Menengah di Ba Zhong dan SMA KRIS,  Tahun 1958 lulus ujian SMA Negeri bagian C. Kemudian , pada tahun itu juga, melanjutkan studinya ke Fakultas Hukum, Universitas Katholik Parahiyangan, Bandung.

Sejak kecil Thio sudah belajar piano dan akordeon tanpa guru, pamannya Ouw Fendy memiliki piano dan akordeon,  juga pamannya Ouw Redy juga memiliki piano. Pada 1958-1962, mendalami studi pianonya  kepada guru piano kelahiran Hongaria Szabo dan Becalel di Bandung, kemudian pada 1962-1965 mendalami musik Piano dan komposisi di Akademi Musik Cornel Simanjuntak Bandung, salah seorang gurunya antara lain adalah Pianis/ Komponis Sudharnoto, pencipta lagu Garuda Pancasila. Hasil belajar kepada Sudharnoto, Thio telah menciptakan hampir 100 lagu2 Indonesia .  Mulai mengajar piano pada 1962, sebagai asisten guru piano di Akademi Musik Cornel Simanjuntak Bandung.

Mulai aktif di bidang kesenian sejak di bangku SMA, ikut mendirikan Ansambel Tari dan Nyanyi PPI (Permusjawaratan Pemuda Indonesia) di Jakarta dan Bandung, antara 1957-1965 ikut memimpin Ansambel Tari dan Nyanyi PPI , melakukan pertunjukan keliling di 50 lebih kota di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Sumatera Selatan dan Sumatera Utara. Kemudian 1960-1965, menjadi guru menyanyi, Bahasa Indonesia, Sejarah Indonesia dan Ilmu Bumi Indonesia di Bandung.

Membentuk band musiknya pada tahun 1962 di Akademi Musik Cornel Simanjuntak Bandung Indonesia.

Pada tanggal 27 September 1965, Thio Keng Bouw berangkat ke RRT (Republik Rakyat Tiongkok), sebagai wakil dari PPI (Pemuda Baperki) yg duduk sebagai anggota Delegasi Front Pemuda Indonesia Pusat.  Tanggal 30 September 1965, di Indonesia meletus Gerakan 30 September (G30S),  Situasi Politik Indonesia berobah secara drastis, PPI dipecat dari keanggotaan Front Pemudanya, maka Thio Keng Bouw mengambil keputusan minta suaka politik kepada pemerintah Tiongkok, dan hidup di Tiongkok selama 12 tahun lamanya. Di Tiongkok, Thio mendapat kesempatan belajar sendiri (self studi) piano dan akordeon, menjadi guru piano dan akordeon anak2 anggota PKI yg  juga menjadi tamu di RRT. Juga mendapat kesempatan belajar Fikiran Mao Tjetung, secara kritis,  mengambil sarinya dan membuang ampasnya, sehingga mampu membuat satu analisa tentang pada tahun 2008. Analisa ini dibuat dengan Pendirian Humanisme Universil, Pandangan Materialisme Dialektis dan Histori serta Metode Riset/Garis Massa seperti yang ia pelajari di Tiongkok ketika jadi tamu Negara.

Sejak 1963 sampai kini, selama 50 tahun Thio mengajar piano, keyboard, dan teori musik, murid2 pianonya banyak yang ikut ujian piano yang diselenggarakan oleh The Royal School Of Music (London) dengan angka Merit dan Distinction.

Sejak 1990 mendalami Computer Music (One Man Orchestra) .  Dewasa ini, Thio merupakan pemain Computer Music terbaik di kalangan perantau Indonesia yg bermukim di Hongkong. Lagu2 yang diaransir dgn sukses a.l. Rayuan Pulau Kelapa, Bagimu Negeri, Garuda Pancasila, Sabang Merauke, Hallo2 Bandung, Ode To Motherland, Hooked On Classic, Habanera From Carmen, Hidup Persahabatan Indonesia-Tiongkok .dan lain2…..

Di Hong Kong  Thio sering mengadakan pertunjukan Musik, di Perkumpulan2 Alumni Tionghoa kelahiran Indonesia,  juga pernah main di Konsulat Jenderal Republik Indonesia, pada 1987-1989, 2002 dan 2003.

 Setiap tahun menyelenggarakan konser piano/keyboard para muridnya sendiri, yang dihadiri oleh para orang tua murid dan para undangan lainnya.

Selama ini, Thio Keng Bouw  telah menerbitkan 15 CD music Nostalgia, yang berisikan 200 lebih lagu2 Indonesia, Tionghoa dan Barat. Yang merupakan koleksi lagu2 yang pernah dimainkan selama 50 tahun lebih..

Salah seorang muridnya yang sukses kariernya adalah Alex Fung ( lahir pada 1979, anak angkatnya),  yang pernah 7 kali merebut juara piano dan nyanyi kanak2 berbakat seluruh Hongkong, pada tahun 1987-1991.  Pada tahun 1995 lulus tingkat 10 The Royal School Of Music London dan pada tahun 2001 lulus dgn Cum Laude di Sekolah Musik Berkelee, Boston, USA- sekolah musik terbaik di dunia musik pop.   Alex Fung kini bekerja sebagai pianis, keyboardis, komponis, aransemenis, music recordis dan produser lagu2 Pop Hongkong,  penggubah lagu2 pops Hongkong, sering mengiringi penyanyi2 top di Hong Kong .  Alex Fung adalah produser musik termuda di Hong Kong.



【全篇結束】

【多謝瀏覽】












ymchen

文章數 : 667
注冊日期 : 2012-11-08

回頂端 向下

張慶茂:《印尼共產黨為什麼會失敗?》(代貼) Empty 回復: 張慶茂:《印尼共產黨為什麼會失敗?》(代貼)

發表  古月語 25.01.15 21:12

諶旭彬:印尼九三零屠殺華人事件始末


發佈時間:2014-01-20 09:24 作者諶旭彬


   導語: 19651217日到1966810日之間,美國先後至少向印尼陸軍提供了三份關於印尼共產黨領導人名單及其住所的電報。總人數據說在5000人以上。美國在大屠殺中,究竟介入多深,尚待更多材料說明。
  九三零大屠殺的歷史背景和簡略過程

  近日,因一部探討印尼九三零屠華事件的紀錄片《我是殺人魔王》,入圍了奧斯卡金像獎,血腥的印尼屠華事件,再次進入公眾視野——1965年,印尼軍方發起針對印尼共產黨的血腥屠殺;數十萬華人在屠殺中喪命。

  此次屠殺的基本歷史背景是:

  1、美國當日相當重視印尼在冷戰中的戰略地位。2、印尼政權中,印尼共、陸軍、穆斯林組織三足鼎立,陸軍受中情局扶植,國父蘇加諾堅持中立路線,與陸軍不睦,對西方多有批評。3、印尼共當時擁有300余萬黨員,是印尼最大政黨、世界第三大共產黨,與蘇加諾合作,以和平姿態深入參與印尼政權。4、印尼共之黨員,以華人居多。而挑撥華人與土著間的矛盾,是自荷蘭殖民時期至日治時期,印尼當局的一貫統治策略。

  在此背景下,再來看九三零大屠殺發生的簡略過程:

  1965930日深夜,蘇加諾總統衛隊營長翁東中校等人,率部秘密包圍了7位陸軍高級將領宅邸,將其中6人打死,唯一人逃脫。101日上午,翁東發佈全國公告,聲稱事件目的,是為保護蘇加諾免受由中情局扶持的陸軍將領控制。但蘇加諾並沒有站出來,以其國父威望支持翁東等人。下午,陸軍領袖蘇哈托發動反攻。次日,翁東等人出逃。稍後,蘇哈托公開宣佈,印尼共策劃了此次政變,且背後有中共支持,隨即在全國範圍內掀起一場針對共產黨人的大屠殺。

  印尼共可能策劃了政變,美國對大屠殺負有直接責任

  綜上,關於此次大屠殺,有如下三個關鍵謎題有待揭開。下文所述,僅系就有限資料所做保守判斷,真相仍有待檔案公開,尤其是印尼方面封存的大量檔案。

  1、印尼共是否策劃了“翁東政變”?

  據中情局審訊記錄,事變核心領導人物有5人:翁東、拉蒂夫、蘇約諾,及印尼共中央特別局局長夏姆、副局長波諾。特別局是印尼共黨內秘密組織;據中央政治局委員約諾供稱:該組織只限于党的主席艾地一人掌握。夏姆則在審訊中承認自己是運動背後的智囊。中情局的結論是:印尼共產黨在策劃政變中起著中心的作用,……有確鑿的證據證明,所有重大決定都是由印尼共產黨做的。

  若中情局結論為真,就現有材料來看,印尼共的政變動機,至少有二。其一,蘇加諾的病情。印尼共雖自詡走的是一條完全不同于中國和蘇聯的道路,即通過議會民主選舉,和平奪取政權。但這條道路,過多地依賴于蘇加諾的信任和支持——蘇加諾的思想譜系中,對西方殖民主義帝國主義有許多不滿,與印尼共有共通之處。

  1965年初,中情局曾判斷:蘇加諾活得越久,印尼共掌權的機會就越大。……要是蘇加諾不久就會去世的話,最有可能接掌政府大權的,是非共的軍人或文人集團19658月,蘇加諾病情再度惡化,對印尼共而言,無疑是個大危機。

  其二,中情局一直在尋找、製造機會,將印尼共從政府中清洗出去。如艾森豪曾批准NSC5901號檔,要求政府優先對待、且積極援助那些孤立印尼共、迫使印尼共採取公開反對印尼政府的立場的計畫和方案。換言之,美國政府很希望能將印尼共推到印尼政府的對立面——因為:除非印尼共發動大規模動亂,給軍隊帶來嚴峻壓力,否則這個政府幾乎肯定將不得不容忍印尼共繼續發揮影響力,開展活動。

  蘇加諾的病重,及中情局的活動,極有可能促使印尼共孤注一擲,先發制人——據中情局報告,印尼共領袖艾地曾在828日的一次會議上明確表示:現在的問題是,印尼共應當坐等總統逝世、讓自己遭受突然的打擊呢,還是先發制人,挫敗陸軍的行動和攻擊?我更傾向於先動手。


              印尼共主席艾地(左二)在“九三零”大屠殺前夕檢閱印尼共女志願軍

  2、中共是否涉入其中?

  印尼軍方在事變後曾竭力尋找與中共有關的線索,但一直徒勞無功。夏姆雖承認印尼共在政變中的智囊角色,但卻表示與中共絕對沒有任何關係。中情局的報告也承認:應該認為,沒有證據證明中國直接插手了這次印尼政變。但英、美兩國情報機構仍于10月底向媒體爆料稱:1965101日,有2000件中式武器交到了印尼共手裡。蘇哈托執政期間,更長期堅持要求中共就翁東政變向印尼道歉。

  3、美國及其他西方國家對大屠殺應該承擔何種責任?

  印尼陸軍是大屠殺的支持者,但在屠殺的開始階段,曾選擇利用美援武器裝備其他反共團體,避免直接參與反共屠殺。而中情局和美國駐印尼大使館,則秘密向印尼陸軍提供了多份印尼共的黨員名單——19651217日到1966810日之間,美國先後至少向印尼陸軍提供了三份關於印尼共產黨領導人名單及其住所的電報。總人數據說在5000人以上。美國在大屠殺中,究竟介入多深,尚待更多材料說明。

  此外,英國情報部門及澳大利亞當局,也曾介入到此次大屠殺之中;但具體情形,同樣還不清晰。

  此次大屠殺的具體罹難人數,迄今沒有確切資料。據中情局後來的調查報告,截止19664月,大約有25萬到50萬人被殺,另外大量入獄者;據印尼官方在1975年公佈的資料,則為4550萬左右。真實數字當遠不止此。據美國駐印尼大使馬歇爾·格林披露,當年的大屠殺,並不區分誰是華人共党分子,誰是印尼公民




                   左:翁東中校被帶到法庭;右:被捕後排隊等待被屠殺的印尼共產黨人


  參考資料:

  《印尼“九·三○”事件:美國中央情報局調查報告》,四川人民出版社1982;沈志華,梁志主編:《窺視中國:美國情報機構眼中的紅色對手》;《美國支持和操縱印尼大屠殺》,《天涯》1999年第05期;《關於印尼“九零三事件”的各種說法》,《印尼焦點》1999年第1期;代保平:《印尼“九·三零事件”與美國關係的探討》、《艾森豪政府拉攏印尼軍人勢力政策的確立:美國外交文檔解密》;彭蘇:《國際共運史上的印尼慘案》,《炎黃春秋》2009年第1期;等。

 
古月語
古月語

文章數 : 665
注冊日期 : 2012-11-06

回頂端 向下

張慶茂:《印尼共產黨為什麼會失敗?》(代貼) Empty 回復: 張慶茂:《印尼共產黨為什麼會失敗?》(代貼)

發表  ymchen 28.01.15 22:50





【轉貼】



陈瑞麟评“泥足巨人”的结局


崔一生

(2011.11.08.)






【YMC 按:這是張慶茂學兄推薦給網友的一篇文章。以下是他傳送給 WF 和 YMC 的一封電郵。

Chang fei dan You mao yg baik,

Tan Swie Ling adalah teman baik saya, jabatan terakhir di PPI adalah sekrertaris I PPI Pusat, tapi dia dekat sekali dengan Sudisman, orang kuat no,4  di PKI setelah Aidit, Lukman dan  Njoto. Sedangkan saya dekat dengan Joesoef Adjitorop, orang kuat nomer 6 di PKI.

Mengenai soal G30S, saya pernah berdebat dengan dia, pendapatnya ada persamaan dan perbedaan. terutama mengenai siapa dalang G30s, dia bilang Suharto, saya bilang PKI.

Baiklah pendapat dia ini dijadikan bahan pertimbangan.

Jika pendapat 《MENGAPA PKI KALAH? 》, sebaiknya pendapat dia juga dimuat, supaya orang bisa berfikir secara objektif.

Terima kasih.

Salam,

Thio Keng Bouw】






苏迪斯曼向陈瑞麟说: 艾迪领导的印共虽然事件前知道危险的征兆,却没有在作好充份的准备去应对。在政治对手的镇压和屠刀面前,就像“免子”那样坐以待毙。正如法国的印尼历史专家杰克.列克勒在《1950年艾迪与政党》一文写的,九卅事件证明,貌似强大的印共,实际上是脆弱的,形容它是“泥足巨人”,不堪一击。



华裔硬骨头陈瑞麟和他的书籍


陈瑞麟,印尼文名字 Tan Swie Ling,1938 年 9 月 12 日出生于北加浪岸的维拉村,由于家里穷,没有受到很好的教育,自学成才,早年积极参加社团活动,受左派影响较大,进入印共组织,是后来印共主席苏迪士曼的得力助手并保卫他的安全。1965 年九卅事件,被苏哈托政权污蔑为是印共人士策划发动的政变,因此到处捕杀印共人士。因为叛徒出卖,苏迪士曼与陈瑞霖 1966 年 12 月 6 日被捕入狱。苏迪士曼在 1967 年 7 月被苏哈多政权审判,苏迪士曼被判处死刑,当时陈瑞麟作为出庭作证的犯人,是唯一一个敢于反抗的华人,被美国著名记者  BenAnderson 称为“最勇敢的证人”。1979 年苏哈托政府迫于英美等国际舆论压力,被迫释放关押的已为数不多印共残余人士。 12 月 8 日,陈瑞麟和黄春海做为最后一批被释放的犯人,终于走出监狱,重获自由。

至此,陈瑞麟一共在狱中被关押了 4747 天,他在狱中深刻的思考了印尼华人的过去和未来,并反思了印共所犯的错误导致最终的失败。

1999 年民主改革后,陈瑞麟积极领导成立关于表达华人心声的组织小组,大力建议取消原住民与非原住民的区别,在人协第四次修改宪法时通过,取得重要成果。

2001 年,陈瑞麟创办印尼文杂志《华人的冲击力》(Sinergy),2009年因资金缺乏而停办, 2010 年 10 月,他出版专著《1965 年 9.30 事件》。以下是崔一生君书写的关于该书的精简介绍。

2010 年 10 月出版的陈瑞麟 (TanSwieLing) 著《1965 年九卅事件,冷战和民族主义被粉碎》一书,全书 XXV+587 页。此书第一部份的内容是写经历的九卅事件(共有 316 页),叙述了作者一生刻骨难忘的亲身经历。第二部份写作者对印尼华人问题出路的看法(有 258 页)。

1965 年九卅事件後,印共遭到残酷镇压和严重摧毁。没有被杀害和逮捕的许多主要领导人四处逃串。1966 年 12 月 6 日,作者与印共新领导人苏迪斯曼在雅加达市区的一住处被军方逮捕。特别军事法庭审讯苏迪斯曼案件时,他出庭作证;而自己没有被法庭审讯或判刑,却被关押长达 13 年之久( 1966 年 12 月 6 日至 1979 年 12 月 8 日)。陈瑞麟是几代居住印尼土生土长的华人后裔,这个身份引起很多人的兴趣,包括美国著名印尼问题专家贝.安德逊的注意。此书相当厚,涉及的範圍也很 廣,书中有关九卅事件的部份,确实是吸引人的。

贝.安德逊 (BenAnderson) 为此书写的序言里,对作者陈瑞麟倍加赞扬。他回忆 40 年前( 1972 年),由于国际舆论的压力,安德逊与几位国际维护人权份子获准旁听特别军事法庭对印共领袖苏迪斯曼的审讯,这位年轻的陈瑞麟出庭作证,给他留下深刻的印象。贝安德逊写道,他在庭上表现得很有骨气,没有背叛自己的信仰和信念,这几乎与所有的印共干部的证人不同,他没有卑躬屈节的丑相,与那群“软骨头”截然不同。

书中着重提到了这一点,苏迪斯曼向他一谈起印共的这些干部,就唉声叹气,非常失望。而陈瑞麟这位华人出身的普通党员却表现了如此坚定,苏迪斯曼对他非常敬佩。陈端麟回忆,苏迪斯曼被搬到关押部长和高级将领级的 Nirbaya 监狱后,一位与苏迪斯曼同一监狱的,与陈瑞麟殊不相识的内阁部长--中央银行总裁尤淑夫.穆达.达兰托人几次向他问候致意。这当然是苏迪斯曼向尤淑夫讲述过陈瑞麟在逮捕后的表现,使他也被陈瑞麟这个人骨气所感动。

陈瑞麟写道,这些“软骨头”与印共改变或放弃党的组织纪律原则有关;印共在茉莉芬事件, 1951 年大逮捕遭受镇压和打击后,经过短短的几年,在 1955 年大选,获得大量的选票,跃居成为印尼的第 3 大党。陈瑞麟称赞艾迪领导印共取得的成绩,他引导印共绕过政治对手的地雷阵,在 1955 年大选取得了巨大的胜利 (第 145 页)。艾迪在很短的时间,把占下风的印共党组织变为“敌人害怕、朋友尊敬”的力量( 146   页)。书中说,但是,这一切却使年轻的印共新领导艾迪等人冲昏了头脑,以为可以通过选民的大量选票赢得大选,达到取得政权的目标。所以,它抛弃共产党组织吸收党员的原则,降低入党的条件,不再有考察准党员的程序,任何人只要口头上接受党章,就可以宣誓入党成为党员。以为这样扩充党员数量,壯大组织,就可以赢得大选。



读陈瑞麟一书有关九卅事件部份


书中举例说,常常在印共举行的会议上,根据出席会议的与会者名单,在会议前就对全体与者举行宣誓入党的简单仪式。陈瑞麟认为,许多投机份子或动机不纯的人,也混入这个党(第 69 页)。党组织很快膨胀起来,印共在短短几年就从国内的第三大党又跃居成为世界第三大共产党。

陈瑞麟在书中叙述九卅事件后,面对军人对印共人士的追捕,他作为印共新领袖苏迪斯曼的助手,他在白色恐怖时期保护苏迪斯曼,不久由于叛徒苏约诺 (他是印共中央稽查委员会主任)的出卖,此人带着军人在临时居所逮捕他们两人。虽然遭到严刑拷打,陈瑞麟坚贞不屈。所以,很受苏迪斯曼的欣赏,两人惺惺相惜。苏迪斯曼被特别军事法庭判决死刑后, 1968 的一天,苏迪斯曼被军人挟持,要赴刑场就义,陈瑞麟跑出狱门,向他告别,流泪唱着歌向他送行,可见陈端麟与苏迪斯曼之间是非一般的关系。

陈瑞麟在书中多次强调夏姆要对九卅运动的失败负责,认为他扮演了非常不光彩的角色,尤其是为了活命,出卖了许多军队中印共的地下党员和同情者。印共特别局是艾迪单线领导的秘密组织,它的任务是在军队进行联络和争取军官士兵的工作,吸收地下党员,由夏姆负责。书中说,很多人坚信,“夏姆是九卅事件的策划人”。但另一方面又说,九卅事件是“印共政治路线的错误造成的”(第 70 页)。陈瑞麟这个说法,是吻合苏迪斯曼领导的新政治局于 1966 年 9 月的《批评自我批评》文件所指出的,印共在九卅事件犯了“冒险主义”错误,事件后犯了“投降主义”错误。陈瑞麟强调说,艾迪单线领导的特别局是违反组织原则,没有受到党组织的监督。但是,他又说,艾迪是被夏姆的设计所套住,对九卅事件很多事都不晓得,似乎艾迪是被挟持的,掉入党内同志设下的陷阱(第 71-72 页)。陈瑞麟在此书没有引用苏迪斯曼在特別军事法庭宣读的辩护词《责任报告》所说的,“我无意解脱印共领导人直接介入九卅运动的责任。不!正如我已经说明的,印共领导人,包括我自己,介入九卅运动,但是,印共作为党组织没有介入九卅运动。”(《印共政治局委员苏迪斯曼的辩护词及“自我批评”》,雅加达 TeplokPress, 2000年, 11 頁)读了这重要的一段话,会让人们更清楚的认识印共与九卅事件的关系。

陈瑞麟在书中至少有 4 处 ( 145 页,175-176 页,182 页,184 页)把印共比喻为自己挖掘地下洞穴,而陷入这个洞穴不能自拔、不能动弹的“免子”,被“老鼠”把这个不能反抗的“免子”身体一口一口地从下到上蚕食,至到丧命。

陈瑞麟在书中提到,除了印共组织上的错误之外,导致印共失败的原因基本归纳为两点:其一, 1963 年到乡下进行消灭“农村魔鬼”,是在没有建立农村工人阶级的政治力量即根据地的前提下,所以是冒险主义的行动。这也证明它不理解“阶级斗争”是使用暴力、残酷、暴虐和凶狠的。 1948 年,印共经历了茉莉芬事件失败的残酷经验,但却再一次在九卅事件又重蹈覆辙。其二,冷战时期,印共不认识战争性质已经变化。西方“帝国主义”国家不是进行公开的战争,而是偏重于进行情报行动,印共没有清楚认识到自己与敌人的力量对比,过低的估计敌人的力量。陈瑞麟把这个“战争”比喻成很不对称的拳击比赛(第 182—186 页)。

陈瑞麟写道,虽然艾迪在 1965 年 8 月 17 日印尼独立日在中央党校演讲时,曾警告党干部说,“时刻准备好迎接敌人再一次的袭击,并奋起夺取胜利。”但是,这只是一句空洞的口号,实际上印共并不是去锻练党员干部去准备好面对敌人的袭击,而是像苏迪斯曼所说的,艾迪自己经常到乡下进行消灭 “农村魔鬼”行动后,热衷于跳“连梭交际舞”来松懈紧张的精神,至到九卅事件前夕( 179 页)为止。苏迪斯曼向陈瑞麟说,这个反常的动作使苏迪斯曼怀疑艾迪犯了严重的疾病。这只是他们的猜疑,但反映了艾迪领导的印共虽然事件前知道危险的征兆,却没有在作好充份的准备去应对。在政治对手的镇压和屠刀面前,就像“免子”那样坐以待毙。正如法国的印尼历史专家杰克.列克勒在《 1950 年艾迪与政党》一文写的,九卅事件证明,貌似强大的印共,实际上是脆弱的,形容它是“泥足巨人”,不堪一击。



【全篇結束】









ymchen

文章數 : 667
注冊日期 : 2012-11-08

回頂端 向下

回頂端


 
這個論壇的權限:
無法 在這個版面回復文章